Saturday, November 22, 2014

DAFTAR FUNGSI MATEMATIK

Daftar Fungsi pada Kelompok Matematik


Nama Sintaks Deskripsi
1. PENGHITUNGAN DAN PENJUMLAHAN
COUNT =COUNT(range1 [,range2] [, ...]) Menghtung Jumlah cell di dalam suatu 'range' yang berisi bilangan; tetapi tidak menghitung yang berisi string
COUNTA =COUNTA(range1 [,range2] [, ...]) Menghtung jumlah cell di dalam suatu 'range' yang berisi nilai, baik string maupun bilangan.
COUNTBLANK =COUNIBLANK(range_hitung, kriteria) Menghtung Jumlah cell kosong di dalam suatu 'range'.
COUNTIF =COUNTIF(range_hitung, kriteria) Menghtung Jumlah suatu nilai kejadian pada range_hitung berdasarkan hanya satu syarat yang diajukan pada 'ktiteria'.
COUNTIFS =COUNTIFS(range_hitung1 [,range_hitung2, kriteria2] [,...]) Menghtung Jumlah kejadian suatu nilai dengan syarat bisa lebih dari satu. Berlaku sejak Excel 2007 ke atas
SUBTOTAL =SUBTOTAL(nomor_fungsi, range1 [,range2] [, ...]) Menghitung subtotal (sum, count, max, min, dan lain-lain) dari suatu daftar atau suatu database. Parameter 'nomor_fungsi' menentukan jenis subtotal yang akan dilaksanakan, apakah sum, count, max, min, ataukah yang lainnya. Daftar 'nomor_fungsi dapat dilihat pada link ini.
SUM =SUM(range1 [,range2] [, ...]) Menjumlahkan nilai-nilai di dalam range
SUMIF =SUMIF(range_keteria, kriteria [,range_jumlah]) Menjumlahkan nilai-nilai di dalam range dengan hanya satu syarat
SUMIFS =SUMIFS(range_jumlah1, range_kriteria1, kriteria1] [,range_keteria2, kriteria2] [, ...]) Menjumlahkan nilai-nilai di dalam range dengan syarat bisa lebih dari satu; Berlaku sejak excel 2007 ke atas
SUMPRODUCT =SUMPRODUCT(array1, array2 [,array3] [,...] menjumlahkan hasil kali dari elemen-elemen yang bersesuaian di dalam masing-masing array. Array dapat berupa range dari sekumpulan cell.
SUMSQ =SUMSQ(bilangan1, bilangan2 [,bilangan3] [,...] menghasilkan jumlah dari 'bilangan1' kuadrat ditambah kuadrat dari 'bilangan2' dan seterusnya.
SUMX2MY2 =SUMX2MY2(array1, array2) menghasilkan jumlah dari selisih kuadrat dari elemen-elemen bersesuaian pada 'array1' dan 'array2'. Array dapat berupa range dari suatu kumpulan cell.
SUMX2PY2 =SUMX2PY2(array1, array2) menghasilkan jumlah dari hasil penambahan kuadrat dari elemen-elemen bersesuaian pada 'array1' dan 'array2'. Array dapat berupa range dari suatu kumpulan cell.
SUMXMY2 =SUMXMY2(array1, array2) menghasilkan jumlah dari kuadrat selisih dari elemen-elemen bersesuaian pada 'array1' dan 'array2'. Array dapat berupa range dari suatu kumpulan cell.
PEMBULATAN
CEILING =CEILING(bilangan, agka_kelipatan) Menghasilkan suatu nilai dengan menaikkan ke atas suatu 'bilangan' ke nilai kelipatan dari 'angka_kelipatan' yang terdekat.
EVEN =EVEN(bilangan) Menghasilkan suatu nilai dengan menaikkan ke atas suatu bilangan ke bilangan genap terdekat.
FLOOR =FLOOR(bilangan,agka_kelipatan) Menghasilkan suatu nilai dengan menurunkan ke bawah suatu bilangan ke nilai kelipatan dari 'angka_kelipatan' yang terdekat..
INT =INT(bilangan_desimal) Mengambil nilai bilangan bulat (integer) dari suatu bilangan desimal.
ODD =ODD(bilangan) Menghasilkan suatu nilai dengan menaikkan ke atas suatu bilangan ke bilangan ganjil terdekat.
ROUND =ROUND(bilangan_desimal, jumlah_desimal) Membulatkan suatu bilangan desimal ke bilangan desimal terdekat dengan jumlah desimal yang ditetapkan.
ROUNDDOWN =ROUNDDOUN(bilangan_desimal, jumlah_desimal) Membulatkan ke bawah suatu bilangan desimal ke jumlah desimal yang ditetapkan.
ROUNDUP =ROUNDUP(bilangan_desimal, jumlah_desimal) Membulatkan ke atas suatu bilangan desimal ke jumlah desimal yang ditetapkan.
TRUNC =TRUNC(bilangan_desimal [,jumlah_desimal]) Menghilangan jumlah desimal pada suatu 'bilangan_desimal' hingga sesuai dengan 'jumlah_desimal' yang ditetapkan.
2. KONSTANTA DAN KONVERSI
DEGREES =DEGREES(sudut_dalam_radians) Mengkonversi nilai sudut dalam radian ke nilai sudut dalam derajat; 1 radians = 180/pi derajat.
RADIANS =RADIANS(sudut_dalam_derajat) Mengkonversi nilai sudut dalam derajat ke nilai sudut dalam radian; iderajat = pi/180 radians.
PI =PI() Menghasilkan nilai darikonstanta π =22/7 = 3.14159265358979. Fungsi ini tidak membutuhkan argumen.
3. LOGARITMA
EXP =EXP(nilai_pangkat) Menghitung basis dari logaritma alamiah, e = 2.71828182845904, dipangkatkan dengan 'nilai_pangkat'.
LOG =LOG(bilangan, basis) Menghasilkan nilai logaritma dari suatu 'bilangan' dengan 'basis' sesuai dengan yang ditetapkan.
LOG10 =LOG10(bilangan) Menghasilkan nilai logaritma berbasis 10 dari suatu 'bilangan'.
LN =LN(bilangan) Menghasilkan nilai logaritma alami yaitu logaritma berbasis e = 2.71828182845904 dari suatu 'bilangan'.
4. PELUANG
COMBIN =COMBIN(total_jumlah, jmlah_terpilih) Menghtung kombinasi 'jumlah_terpilih' dari 'total_jumlah'.
FACT =FACT(bilangan) Menghitung nilai factorial dari suatu 'bilangan'.
PERMUT =PERMUT(total_jumlah, jmlah_terpilih) Menghitung permutasi sejumlah item yang dipilih dari sekumpulan item.
5. TRIGONOMETRI
ACOS =ACOS(bilangan) Menghasilkan nilai arccosinus dalam radians (0 sampai dengan pi radians) dari suatu 'bilangan'. Arccosinus adalah suatu sudut yang nilai cosinusnya sama dengan 'bilangan'
ACOSH =ACOSH(bilangan) Menghasilkan kebalikan nilai cosinus hyperbolic dari suatu 'bilangan'.
ASIN =ASIN(bilangan) Menghasilkan nilai arcsinus dalam radians (-pi/2 sampai dengan pi/2 radians) dari suatu 'bilangan'. Arcsinus adalah suatu sudut yang nilai sinusnya sama dengan 'bilangan'
ASINH =ASINH(bilangan) Menghasilkan kebalikan nilai sinus hyperbolic dari suatu 'bilangan'.
ATAN =ATAN(bilangan) Menghasilkan nilai arctangen dalam radians (-pi/2 sampai dengan pi/2 radians) dari suatu 'bilangan'.Arctangen adalah suatu sudut yang nilai tangennya sama dengan 'bilangan'
ATAN2 =ATAN2(koord_x, koord_y) Menghasilkan nilai arctangen dari koordinat yang dinyatakaan dengan 'koordinat_x' dan koordinat_y. ATAN2(a,b) = ATAN(b/a)
ATANH =ATANH(bilangan) Menghasilkan nilai tangen hyperbolic dari suatu 'bilangan' yang harus berkisar antara -1 hingga 1
COS =COS(sudut_dalam_radians) Menghasilkan nilai cosinus dari suatu sudut yang dinyatakan dalam radian.
COSH =COSH(sbilangan) Menghasilkan nilai cosinus hyperbolic dari suatu bilangan. COSH(x) = (ex + e-x)/2.
SIN =SIN(sudut_dalam_radians) Menghasilkan nilai sinus dari suatu sudut yang dinyatakan dalam radian.
SINH =SINH(sbilangan) Menghasilkan nilai cosinus hyperbolic dari suatu bilangan. SINH(x) = (ex - e-x)/2.
TAN =TAN(sudut_dalam_radians) Menghasilkan nilai tangen dari suatu sudut yang dinyatakan dalam radian.
SINH =SINH(sbilangan) Menghasilkan nilai tangen hyperbolic dari suatu bilangan. TANH(x) = SINH(x)/COSH(x).
6. LAINNYA
ABS =ABS(bilangan) Menghasilkan nilai mutlak(absolut) dari suatu bilangan, yaitu dengan menghilangkan tanda dari bilangan tersebut.
MOD =MOD(bilangan, pembagi) Menghasilkan sisa pembagian dari suatu 'bilangan' dibagi dengan 'pembagi'.
PRODUCT =PRODUCT(range1 [,range2] [,range2]) Menghasilkan hasil kali dari semua nilai-nilai di dalam 'range').
POWER =POWER(bilangan, nilai_pangkat) Menghasilkan nilai dari 'bilangan' dipangkatkan dengan 'nilai_pangkat'.
RAND =RAND() Menghasilkan angka acak (random) antara 0 hingga 1. Fungsi ini tidak membutuhkan argumen
SQRT =SQRT(bilangan) Menghasilkan nilai akar kuadrat dari suatu 'bilangan'.
Catatan : parameter yang di apit oleh tanda [ ] artinya bersifat optional, yaitu bisa tidak dimasukkan. Dalam hal tidak dimasukkan, fungsi akan menggunakan nilai defaultnya.